Cara Belajar Kunci Chord Bermain Gitar Untuk Pemula

         Gitar merupakan salah satu alat musik yang paling banyak disukai baik untuk kalangan pria maupun wanita, mulai dari anak-anak hingga dewasa. Gitar terbagi menjadi dua jenis, yakni gitar akustik dan elektrik. Untuk jenis gitar akustik memiliki badan yang berlubang dibagian tengah (hollow body), sedangkan gitar elektrik tidak memiliki lubang pada bagian badannya (solid body). Kedua jenis gitar tersebut memiliki fungsi yang sama sesuai dengan tujuan masing-masing pemain gitar atau gitaris. Pada umumnya gitar digunakan untuk mengiringi sebuah lagu dan musik, gitar juga digunakan sebagai salah satu alat musik yang dapat membantu dalam pembuatan sebuah lagu.
 
Cara Belajar Gitar
 
Namun tidak hanya musisi saja yang memerlukan gitar. Saat ini mulai dari anak-anak sudah tertarik untuk mempelajari gitar agar menjadi gitaris yang handal saat dewasa kelak. Selain itu dengan bermain musik sejak dini juga dapat membantu meningkatkan kreativitas otak anak, maka tidak heran jika sudah sejak dulu orang tua memperkenalkan berbagai jenis alat musik kepada anak mereka, salah satunya adalah gitar. Tetapi untuk handal bermain gitar tentu saja tidak mudah dan tidak instan, sebab ada beberapa metode yang perlu dipelajari sejak awal, salah satunya memahami chord atau kunci gitar.
Untuk bisa menguasai teknik bermain gitar tentu anda perlu memiliki gitar pribadi, baik akustik maupun elektrik. Namun ada baiknya untuk anda yang pemula memiliki gitar akustik sebagai gitar pertama untuk Belajar Main Gitar. Kini untuk Belajar Kunci Gitar anda tidak perlu lagi pergi les atau private khusus, namun banyak cara yang bisa dilakukan secara otodidak dengan melihatnya di buku musik atau internet. Hal pertama yang perlu anda ketahui dalam Belajar Chord Gitar adalah memahami terlebih dahulu chord dasar, seperti A, Am, B, Bm, D, Dm, E, Em, C dan G. Simbol ‘m’ pada kunci dasar berarti minor, sedangkan untuk kunci yang tidak memiliki simbol ‘m’ berarti kunci mayor.
 
Untuk anda yang ingin mengetahui Cara Belajar Gitar, anda perlu bersabar karena belajar gitar tidaklah mudah. Pada kesempatan kali ini Garismiring.com akan memberikan informasi seputar cara Belajar Gitar Untuk Pemula, seperti berikut:
 

1. Nada dasar yang berada pada senar 5 (A)

 
Mayor
 
 
Minor
 
 

2. Nada dasar pada senar 6 (E)

 
Mayor
 
 
Minor
 
 

3. Nada dasar kunci D, dimainkan 3 senar, dan bisa dimainkan bass pada senar 4

 
Mayor
 
 
Minor
 
 
Sebelum anda mengetahui Cara Belajar Gitar, ada baiknya jika anda juga mengetahui beberapa hal dasar yang perlu anda lakukan sebelum memahami teknik gitar, seperti:
 
 
  • Memiliki Gitar Pribadi

 

Dengan memiliki gitar pribadi dapat lebih mudah belajar secara rutin di rumah, berbeda halnya jika anda meminjam gitar kepada teman karena hal tersebut akan menghambat anda untuk memahami teknik Belajar Gitar.
 
 
  • Menyetem Gitar

 

Menyetem atau menyetel gitar tentu bukan hal mudah untuk pemula, sebab anda harus teliti mendengar tiap nada yang berbeda. Namun ada cara mudah yang bisa anda ketahui dengan menyetem gitar menggunakan Tuner yang bisa dibeli di toko musik.
 
 
  • Buku Lagu

 

Seperti halnya belajar chord dasar, selain melalui situs internet, andapun dapat belajar beberapa chord dasar dan bervariasi melalui buku lagu.

Leave a comment